Banyak pebisnis melakukan berbagai macam campaign demi memasarkan produknya. Hanya saja, pengertian hal ini secara spesifik seringkali tidak dipahami.
Padahal campaign merupakan bagian strategi pemasaran yang harus difokuskan agar memastikan peningkatan konversi bisnis.
Dengan demikian, seluruh pemahaman tentang kegiatan tersebut harus diketahui para pebisnis sebaik mungkin.
Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah campaign. Namun bagi Anda yang selama ini berkecimpung di dunia marketing, istilah tersebut sudah terdengar akrab.
Campaign merupakan upaya untuk mempromosikan produk pada konsumen melalui berbagai macam media.
Sebagai contoh, menggunakan media internet, media massa, dan lain sebagainya.
Ini menjadi salah satu cara mempromosikan suatu produk atau jasa lewat beberapa media misal, radio, surat kabar, koran, majalah, iklan, sosial media, televisi, dan platform online lainnya. Langkah ini juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan layanan jasa press release.
Tak sedikit yang kemudian mendefinisikan campaign sebagai sebuah proses perencanaan, peningkatan, pengukuran, dan pelaksanaan akan suatu produk yang sedang kamu pasarkan.
“Kampanye adalah serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu,” ujar Rogers dan Storey dalam buku Venus (2004).
Di satu sisi, beberapa pengusaha mendefinisikan hal ini sebagai salah satu kegiatan sebagai proses untuk merencanakan hingga melaksanakan pemasaran sebuah produk.
Adapun hasil akhir yang ingin dicapai tentu saja untuk memberikan kesempatan bisnis berkembang lebih baik. Maka, dengan kata lain campaign merupakan bagian dari pemasaran produk itu sendiri.
Sementara itu, liputan media akan sangat membantu campaign Anda menjadi viral dan diketahui oleh lebih banyak orang. Supaya campaign Anda bisa diliput media, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yakni sebagai berikut.
1. Minta bantuan saudara atau teman yang bekerja sebagai jurnalis atau wartawan. Cara paling mudah agar campaign Anda diliput media massa adalah dengan memanfaatkan koneksi pertemanan pribadi.
2. Kirim press release kepada media yang Anda inginkan untuk mempublikasikan informasi. Sebagai informasi, Press release adalah tulisan yang ditujukan kepada media agar media tersebut memberitakannya.
Tulis press release secara singkat, sebaiknya jangan lebih dari satu halaman). Kemudian, jangan lupa sertakan nomor kontakmu.
Kirim press release ke email media yang Anda tuju. Email sebuah media umumnya dapat dilihat pada bagian About us atau Contact us di website media bersangkutan.
3. Tag atau mention akun media massa pada postingan Anda. Sebagai contoh, tag dan mention akun facebook, instagram, atau twitter sebuah media massa saat Anda memposting perkembangan campaign milik Anda.
4. Kirim pesan secara personal ke media. Setiap media massa tentunya memiliki media sosial (twitter, facebook, atau instagram).
Manfaatkan itu semua dengan mengirimkan cerita mengenai campaign milik Anda lewat pesan personal (direct message) ke media yang dituju.
5. Tulis di blog publik milik media massa besar. Umumnya, media massa besar punya wadah bagi pembacanya untuk menulis.
Anda bisa menuliskan tentang campaign milik Anda di sana. Pasalnya, seringkali cerita di blog publik dijadikan berita oleh media bersangkutan.
Maka, salah satu hal penting yang perlu Anda jadikan perhatian sebelum membuat campaign adalah memastikan dan mempersiapkan materi, konsep, serta bahan untuk website atau sosial media dengan sebaik mungkin.
Pastikan Anda membuat materi yang menarik perhatian. Dengan begitu, ketika calon pelanggan melihat produk Anda, mereka akan langsung tertarik.